PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DALAM KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA

Laelasari Laelasari, Toto Subroto, Nurul Ikhsan Karimah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk; (1) Mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis antara mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E dan pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis pada mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E. Uji coba penelitian ini dilakukan di FKIP Unswagati Cirebon, sampel penelitian kelas D dan G mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Ilmu Ekonomi tahun akademik 2013/2014. Hasil penelitian diperoleh (1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan representasi matematis antara mahasiswa yang pembelajarannya dengan menggunakan learning cycle 7E dengan pembelajaran secara konvensional.(2) Adanya peningkatan kemampuan representasi matematis yang signifikan pada mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan learning cycle 7E. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajarannya menggunakan learning cycle 7E dapat meningkatkan kemampuan representasi mahasiswa.

Kata Kunci: learning cycle 7E, representasi matematis,


References


Eisenkraft, A. 2003. Expanding the 5E Model. The Science Teacher. Sept.:56-59. Reprented with permission from The Science Teacher (70(6): 56-59), a journal for high school science educators published by the National Science Techers Association (www.nsta.org).

Budiningsih, A.C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Jones, A.D. 2000. The Fifth Process Standart: An Argument to Include Representation in Standards 2000. [on-line]. Tersedia: http://www.math. umd.edu/~dac/650/ jonespaper.hmtl [10 Desember 2007].

Lyn, D. 2002. English-Handbook of International Research in Mathematics Education. London. LEA(Lawrence Erlbaum Associates).

National Council of Teacher Mathematics. 2000. Principles and Standards for Schools Mathematics. Reston. VA.

Ruseffendi, E. T. 1988. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam PengajaranMatematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2009. PenelitianKuantitatif,Kualitatifdan R and D. Bandung: Alfabeta

Sumarmo, U. 2010. Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan Peserta Didik. Makalah. FPMIPA. UPI.

Yazid, A. 2012. Kooperative TTW Strategy Mathematical Representation Ability. Universitas Negeri Semarang. Journal of Primary Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v1i2.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License