PERAMALAN PANGSA PASAR KARTU GSM DENGAN PENDEKATAN RANTAI MARKOV

Surya Amami Pramuditya, Rini Marwati, Entit Puspita

Abstract


Handphone atau telepon genggam dalam kehidupan masyarakat Indonesia sudah menjadi barang penting yang harus dimiliki, sekitar separuh dari seluruh populasi negeri ini merupakan pengguna handphone. Handphone berkaitan dengan provider kartu penyelengara komunikasi. Dengan semakin meningkatnya pengguna handphone, maka para provider berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan agar dapat menguasai pangsa pasar kartu GSM dan hal tersebut dapat ditentukan dengan probabilitas penggunaan (pangsa pasar) terbesar. Untuk memaksimalkan pengambilan keputusan periode mendatang, provider dapat melakukan prediksi pangsa pasar periode mendatang dan dapat dilakukan dengan menggunakan analisis rantai Markov (Markov Chain analysis). Rantai Markov adalah suatu proses random (stokastik) dengan Markov Property di mana dengan keadaan saat ini, keadaan yang akan datang bersifat independen terhadap keadaan yang lampau dan hanya tergantung pada keadaan yang terdekat sebelumnya. Dari konsep inilah dapat diprediksi pangsa pasar beberapa periode mendatang disertai periode equilibrium. Dalam penelitian ini dibahas penerapan analisis rantai Markov dalam memprediksi pangsa pasar kartu GSM berdasarkan pola perpindahan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh produk kartu GSM AS menguasai pangsa pasar kartu GSM pada periode kedua yaitu tahun 2010 dan tahun 2011 dengan persentase sebesar 27% dan 28%. Periode equilibrium terletak antara periode ketiga dan periode keempat.

Kata kunci : Markov Chain analysis, pangsa pasar GSM, equilibrium.


References


Anton, H.. 1987. Aljabar Linear Elementer Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Baroes (2009). Pengertian Pangsa Pasar. From http://hendra- baroes.blogspot.com/2009/01/teori- ekonomi.html, 4 November 2009.

Peter dan Andrew. Perilaku Customer Switching Mie Instan di Wilayah Surabaya. From http://digilib.petra.ac.id, 5 Januari 2010.

Kristo, Fini Y (2007). 2010, Pengguna Ponsel Indonesia Capai Separuh Populasi. From http://www.detikinet.com/read/200 7/09/07/131313/826987/328/2010- pengguna-ponsel-indonesia-capai- separuh-populasi, 18 Desember 2009.

Herrhyanto, Nar.. 1993. Statistika Matematik Jilid:Satu. Bandung: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Ross, Shldon M.. 1996. Stoc




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/e.v1i2.350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EUCLID terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, ResearchBib, IPI, IOS dan Sinta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License